Rilis Pers

Rilis Pers Rangkaian Kegiatan Kompas 100 CEO Forum
24
Nov

KOMPAS100 CEO FORUM 2018 POWERED BY PLN: Meningkatkan Daya Saing Industri

Jakarta, 23 November 2018 – Kompas100 CEO Forum Powered by PLN adalah acara yang diselenggarakan setiap tahun bagi para CEO yang tergabung sebagai emiten Kompas100 Bursa Efek Indonesia. Ini adalah wadah bertemu dan bertukar pikiran mengenai proyeksi perekonomian setiap tahunnya.

Tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan ke-9. Harian Kompas bekerja sama dengan PT PLN (Persero) kembali menyelenggarakan Kompas100 CEO Forum. Kompas100 CEO Forum 2018 mengangkat tema “Meningkatkan Daya Saing Industri Indonesia”. Tema tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah maupun perusahaan dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang diinginkan. Terlebih lagi, Indonesia diprediksi akan menjadi TOP 10 ekonomi di dunia pada tahun 2018.

“Dan sebagai penyedia listrik negara, tentunya PLN siap dan mampu untuk melayani para pelaku industri dan investor untuk mendukung pengembangan industri di Indonesia.” ujar I Made Suprateka, EVP Corporate Communications & CSR PT PLN (Persero).

Terdapat dua sudut pandang dalam meningkatkan daya saing industri Indonesia yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, yaitu dengan mengadopsi Revolusi Industri 4.0 dalam rangka meningkatkan efisiensi di dalam proses bisnis dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang ramah investasi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Kompas100 CEO Forum 2018 Powered by PLN memiliki berbagai rangkaian pre-event, yaitu Lunch Discussion With CEO pada 23 Oktober 2018, Finance & Investment Talk pada 30 Oktober 2018, BukaTalks by BukaLapak pada 6 November 2018, dan Women Leaders Talk pada 15 November 2018. Berbagai rangkaian acara tersebut dilaksanakan sebagai komitmen Kompas100 CEO Forum 2018 untuk membuat dampak positif yang lebih besar kepada masyarakat dengan menghadirkan berbagai forum dialog yang memungkinkan masyarakat untuk bisa terlibat secara langsung di dalam dialog antara pemerintah dan perusahaan.

Pada tahun 2018 Kompas100 CEO Forum bertujuan bukan hanya menyampaikan prediksi gambaran ekonomi tahun 2019 yang disampaikan oleh para pengambil kebijakan, tetapi juga mengajak semua pihak untuk optimis menghadapi tantangan dari global dan dalam negeri. Dalam konteks ini, industrialisasi menjadi penghela pertumbuhan melalui penciptaan lapangan kerja, pendapatan devisi melalui ekspor, dan substitusi impor. Menuju acara puncak Kompas100 CEO Forum telah diadakan empat kegiatan pendukung dengan membahas berbagai segi, mulai dari mendengar suara para CEO, sumber pendanaan baru, teknologi digital dalam bisnis, dan peran perempuan dalam ekonomi,” kata Pemimpin Redaksi Harian Kompas Ninuk Mardiana Pambudy.

Acara puncak Kompas100 CEO Forum 2018 akan diadakan pada 27 November 2018 di Jakarta Convention Center yang akan membahas mengenai peluang dan tantangan dalam meningkatkan daya saing industri Indonesia dalam persaingan global. Dalam acara ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan hadir memberikan keynote speech, diikuti dengan paparan dari pembicara tamu, yaitu Glenn Sugita selaku Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group. Akan hadir pula dalam diskusi panel, Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia, Airlangga Hartanto selaku Menteri Perindustrian Republik Indonesia, dan Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Informasi lengkap mengenai Kompas100 CEO Forum 2018 Powered by PLN dapat dilihat melalui situs kompas100.kompas.id dan akun Instagram @kompas.dialogceo. Melalui situs dan akun tersebut, masyarakat dapat mengunduh rangkuman dari setiap rangkaian acara Kompas100 CEO Forum 2018.