CEO Golf Hub, Momentum Gairahkan Golf Pro-Am di Tanah Air

 

Kompas100 CEO Forum ke-13 Powered by East Ventures: CEO Golf Hub menjadi penutup dari rangkaian Kompas100 CEO Forum. Turnamen golf Pro-AM yang dihelat di Damai Indah Golf – PIK Course, Kamis (26/01/2023) ini menjadi ajang kompetitif sekaligus menghibur bagi 120 pegolf yang menjadi peserta.

Sebanyak 98 peserta CEO Golf Hub merupakan pegolf amatir. Sebagian besar merupakan CEO-pelaku usaha yang selama ini ikut ambil bagian dalam Kompas100 CEO Forum ke-13 Powered by East Ventures. 

Sementara itu, 22 peserta lainnya merupakan pegolf profesional, di antaranya Kevin C. Akbar, peraih medali perunggu SEA Games 2015 & 2017 (nomor beregu). Ada pula Naraajie Emerald Ramadhan Putra yang pada pertengahan tahun lalu berhasil menjuarai seri Asian Development Tour (ADT) OB Golf Invitational. 

“Kami ingin menjaga pace of play supaya mainnya lebih enak dan tidak macet, masih ada kompetitifnya, fun-nya tetap ada,” kata penyelenggara CEO Golf Hub Andri Sena. 

Salah seorang peserta Kompas100 CEO Forum ke-13 Powered by East Ventures: CEO Golf Hub melakukan tee shot di dekat danau buatan di arena Damai Indah Golf, Kamis (26/01/2023).

Seluruh peserta bermain dalam format 18 hole. Terbagi dalam tiga kategori, yakni profesional, amatir, dan tim. Yang menarik, pada kategori tim, pegolf amatir dicampur dengan pegolf profesional. 

“Kami memberi kesempatan kepada pemain amatir untuk bermain bersama pemain pro. Menjadi pembelajaran bagi pemain amatir untuk melihat pemain pro, seperti apa tekniknya, cara bermainnya,” jelas Andri. 

Sedangkan bagi pegolf pro, salah satu manfaat mengikuti CEO Golf Hub adalah meningkatkan eksposure lewat pemberitaan di berbagai media grup Kompas.

Turnamen golf yang tee off-nya berlangsung pada pukul 12.30 itu pun akhirnya dimenangkan pegolf peringkat 1 di Indonesia, Naarajie Emerald. Dia membukukan 68 pukulan atau empat di bawah par. 

Naarajie bisa mencapainya berkat lima birdie (satu di bawah par) dan dua kali bogey (satu di atas par). Meski mengaku tidak menaruh ekspektasi apapun, Naarajie senang dengan pencapaiannya di CEO Golf Hub. 

Baginya, CEO Golf Hub menjadi ajang pemanasan sebelum mengikuti PIF Saudi International di King Abdullah Economic City, Arab Saudi, awal Februari nanti. 

“Sudah 3-4 minggu ini enggak ada turnamen. Jadi, ini pemanasan biar dapat feel-nya lagi,” kata Naarajie. 

Sementara itu, untuk kategori amatir CEO Golf Hub dimenangkan oleh Ahris Wood. Pengusaha mebel itu meraih 71 pukulan (satu di bawah par). 

Bisa Menjadi Event Tahunan

 

Bagi Kompas, CEO Golf Hub menjadi turnamen Pro-AM pertama yang mereka adakan. Wakil Direktur Bisnis Harian Kompas Novi Eastiyanto mengatakan bahwa CEO Golf Hub menjadi salah satu kontribusi Kompas bagi dunia golf tanah air. 

Dengan mengendarai golf cart, para peserta menuju ke lapangan golf Damai Indah Golf.

“Kita berharap ini menjadi momentum baru untuk menggairahkan olahraga golf. Kita sadar ada perlu semacam stimulus. Dan stimulus ini dilakukan oleh Harian Kompas,” kata Novi. 

Dia berharap, CEO Golf Hub bisa mendorong pemerintah dan pihak swasta lainnya untuk ikut membuat golf lebih bergairah. “Bisa membentuk kompetisi yang berguna bagi (pegolf) amatir dan profesional,” ujar dia. 

Peserta Kompas100 CEO Forum ke-13 Powered by East Ventures: CEO Golf Hub saat berkumpul di The Golf View Restaurant.

Lalu, adakah rencana Kompas menggelar kembali turnamen Pro-AM? “Kami punya komitmen lebih agar ini menjadi event berkelanjutan. Kita lihat di semester 2, apakah kita bisa menggandeng stakeholder untuk terus menjalankan kompetisi berkelanjutan,” kata dia. 

 

Kompas100 CEO Forum Ke- 13 Powered by East Ventures  dalam penyelenggaraannya didukung oleh Adaro Energy Indonesia, AIA, Pertamina, PLN, Barito Pacific, Telkom Indonesia, BCA, Danone Indonesia, Sarana Multi Infrastruktur, Vinilon, dan ruparupa.com. [*]