Sektor Semen

Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Indocement adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia. Saat ini Indocement dan entitas anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen (sebagai usaha inti) dan beton siap-pakai, serta tambang agregat dan trass, dengan jumlah karyawan hampir 6.000 orang.

Indocement mempunyai 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 24,9 juta ton semen. Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat; dua pabrik di Kompleks Pabrik Palimanan, Cirebon, Jawa Barat; dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Direktur Utama: Christian Kartawijaya

Semen Baturaja (Persero) Tbk

Produsen semen yang memproduksi dua jenis semen: Semen Portland Biasa dan Semen Portland Composite. Pusat produksi perusahaan berlokasi di Baturaja (Sumatera Selatan), sementara penggilingan dan pengepakan semen dilakukan di Baturaja, Palembang (Sumatera Selatan) dan Panjang (Lampung).

Direktur Utama: Jobi Triananda Hasjim

Semen Indonesia Tbk

Sebelumnya dikenal sebagai Semen Gresik, adalah produsen semen terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki pabrik semen di pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi yang semuanya didukung oleh jaringan distribusi yang menjangkau seluruh negara. Merupakan pemegang pangsa pasar terbesar (sekitar 40 persen) dari sisi penjualan semen domestik di Indonesia.

Direktur Utama: Hendi Prio Santoso